Blog Pendakian Gunung Dan Kajian Islam

Mendaki Gunung Prahu Jalur Kejajar Dieng

Transportasi
Basecamp SANDAL - Terminal Magelang : 3000
Terminal Magelang- Terminal Wonosobo : 14.000
Terminal Wonosobo- Kota : 2000
Kota Wonosobo - Dieng : 8000

Tujuan

Ke start pendakian gng.prahu , turun di pertigaan dieng plateu, atau di smp 2 kejajar
SMP 2 Kejajar Dieng Jateng

Rute Pendakian G. Prahu Via Kejajar Dieng
Dari SMP 2 Kejajar, naik terus ke ladang kentang, ikuti tiang listrik supply daya repeater pemancar.
Terus lurus ikuti jalan setapak (jalur kelihatan ) sampai di persimpangan jalan, ambil jalan yg ke atas jangan yg turun (turun menuju tempat kesyirikan ada sesajen).
Naik terus sampai ada persimpangan lagi,skali lagi ambil yg ke arah kanan yg naik, jgn yg turun (krn sama akan berujung di tempat kesyirikan tadi)
Terus ikuti jalan setapak sampai tanda batas wonosobo-batang, sampai di sini sudah enak tinggal ikuti jalan setapak yg akan mengantarkan ke pemancar, puncak teletubies dsb.

Batas Wonosobo- Batang



Pemancar / Repeater Di Gunung Prahu

Puncak Teletubies


Waktu Tempuh
Relatif singkat sekitar 2 jam jalan santai

Pengalaman Nyasar
Karena ane kira jalan setapak berakhir di tempat sesajen (buntu), akhirnya merayap di pinggiran punggung gunung yg terjal

Demikian, catatan singkat pendakian solo pertama ane di gunung prahu via dieng, smoga bermanfaat
7 Komentar untuk "Mendaki Gunung Prahu Jalur Kejajar Dieng"

Assalamu'alaikum..
Mas...,
kalo mau mendaki Gunung lagi., ajakin aku dong..!
kadang ku kesulitan nyari teman tuk mendaki Gunung..

hee...
iki nomer ku 083898009040 (Rohman)

maturnwun...

iya ..insyaallah tak kabari

Assalamu'alaikum...
mau tanya nih mas...
untuk jalurny extrem ga n apa ngelewatin hutan2 yg bervegatasi lebat? bs ga anak2 daki di sini?
trima ksh

Wa'alaikum salam, untuk jalur lewat dieng gak ekstrim dan hutannya sedikit.
Anak-anak bisa mendaki lewat sini.
Untuk jalur yg ekstrim lewat sisi utara yaitu wil. kabupaten Kendal dan Batang Jawa Tengah

jalur ini ada rangernya g mas? takut nyasar
terus disini ada penitipan kendaraan g?

Dulu tidak ada rangernya, penitipan motor juga tidak ada. Sekitarnya memang banyak homestay, tapi kurang tahu kalau saat ini. Kalaupun ada pos penjagaan kemungkinan dari ranger yang di Patak Banteng juga. Naik dari Patak Banteng dan turun lewat jalur Dieng juga bisa coba konfirmasi di Basecamp Patak Banteng.

Gunung Prahu memiliki ketinggian mencapai 2.565 MDPL, pendakian ke gunung Prahu dapat melalui jalur Kejajar Dieng. Ternyata untuk waktu pendakian jalan santai sekitar 2 jam. Informasi yang membantu mengenai mendaki dengan Jalur Kejajar Dieng.

Back To Top