Blog Pendakian Gunung Dan Kajian Islam

Cara Membuat Peta Dengan GPS

Bagaimakah cara membuat peta dengan GPS ???
Agak kesulitan memang kalau gak praktek langsung, maklum belum punya GPS, tapi karena rasa pingin tahu yang besar maka coba search di google dapat artikel berikut, ayo kita simak bareng-bareng :

Mungkin Anda ada yang tertarik untuk mencoba membuat peta sendiri, hal ini tidak mudah namun tidak terlalu susah juga. Yang perlu Anda lakukan adalah meluangkan waktu yang banyak karena proses peta tidak ada ada kata lengkap atau pun selesai, peta haruslah dibuat secara kontinu karena geografis kita yang selalu berubah2. Misalnya perubahan jalan, penambahan jalan, penambahan titik2 menarik dll.

Fungsi dasar GPS adalah merekam perjalanan baik berupa track ataupun waypoint. Track adalah lintasan yang pernah kita lewati sedangkan waypoint adalah titik koordinat menarik yang kita simpan. Setiap kita mengaktifkan GPS maka otomatis tracks akan terekam dengan sendirinya sedangkan waypoint akan terekam jika kita save suatu titik.

Bila track dan waypoint telah tersedia maka Anda membutuhkan software pendukung di komputer yaitu Garmin Mapsource (jika GPS anda adalah merk Garmin), Mapedit, dan cgpsmapper.

Pindahkan data tracks dan wp dari GPS ke komputer dengan menggunakan kabel yang disertakan menggunakan program Mapsource (http://www.garmin.com). Simpan dalam bentuk garmin database (.gdb) lalu buka file gdb dengan program mapedit (http://www.geopainting.com), setelah diolah Anda wajib mencompile dengan program cgpsmapper (http://www.cgpsmapper.com), tersedia versi gratisan namun beberapa feature tidak tersedia seperti routing dan searching. Setelah selesai transfer ke gps garmin Anda. Dan Anda sudah memiliki peta pribadi. Tips instal Mapsource dapat Anda temui di http://mantugaul.wordpress.com/2008/11/26/instal-mapsource-meski-tanpa-cd-original/


Semoga cuplikan artikel di atas bermanfaat bagi diri pribadi dan sobat semua
0 Komentar untuk "Cara Membuat Peta Dengan GPS"

Back To Top