Blog Pendakian Gunung Dan Kajian Islam

Pendakian Merbabu Jalur Selo Jateng 12-13 Mei 2012

Transportasi : Naik Motor
Menuju basecamp merbabu di Selo : Dari Blabak Magelang - Ketep Pass - Ke  Selo : sekitar 1 jam
Terus tuk ke basecamp merbabu cari kantor polisi Selo kalau berangkat pagi atau siang bisa bertanya sekaligus mencatat di kantor polisi, insyaallah akan di tunjukkan jalan ke basecamp merbabu.
Kalau berangkat malam sebaiknya jangan terlalu malam agar bisa berjumpa dengan penduduk untuk bertanya letak basecamp merbabu.

Basecamp agak jauh dari jalan besar, jalannya kadang lebar kadang sempit, mobil kecil masih bisa masuk asalkan tidak berpapasan dengan mobil yang lainnya.

Setelah berpetualang mencari basecamp merbabu di malam hari (biasa kadang nyasar, karena belum hapal jalannya), akhirnya kita sampai di basecamp merbabu, penampakannya basecamp seperti foto di bawah ini.

basecamp merbabu selo
Basecamp Merbabu Jalur Selo Boyolali Jateng

Udahhh...parkir aja motor ke dalam basecamp, trus nulis pendaftaran, bayar parkir dan sebagainya. Ini karcis ku, mana karcismu ???

bayar karcis, merbabu
Karcis Masuk Merbabu


Kalau sudah cukup kedinginan di basecamp (apalagi kalau malam hari), saatnya bergerak biar gak dingin, ikuti aja jalur yang sudah terbentuk, atau agar punya gambaran bisa menengok ke dinding basecamp, bukan tuk lihat stiker SANDAL, tapi lihat peta pendakian.


peta pendakian merbabu selo
Jalur Merbabu
Kalau sendirian dan takut tersesat, naiknya pas malam minggu biasanya banyak yang mendaki kok. Kalau masih tersesat, anggap aja lewat jalur baru, he he...

Kita ringkas aja uraian trek sepanjang pendakian:
Hutan pinus : trek menuju Pos 1 (Dok Malang) , enak sedikit tanjakan

Pos 1 Dok Malang

Setelah melewati Pos 1, jalan terus akan menemukan persimpangan, ada yang lurus yang nanjak dan tidak melewati rambu-rambu Pos 2. Ada yang turun ke kanan bawah yang menuju Pos 2


persimpangan di merbabu selo
Persimpangan Setelah Pos 1


Hutan dan semak-semak : trek menuju Pos 2 (Pandean) , naik turun, tanjakan lumayan panjang , bisa tuk pemanasan bila akan melewati trek-trek berikutnya.

pos 2 merbabu selo
Bukan Pos 2 lho.....Masih 1 km lagi...










Ini Baru Rambu-Rambu Penunjuk Pos 

Pohon-pohon besar mulai berkurang: trek menuju Pos 3 ( Batu Tulis ), naik terus... lihat padang rumput (sabana)
santri dan alam, pos 3 batu tulis, merbabu
Pos 3 , Batu Tulis


View Merapi Dari Pos 3

Bunga-bunga Edelwise di sekeliling : trek menuju Pos 4 ( Sabana I), naik-datar-turun- datar- nanjak ke Sabana II

Sabana I, Tampaknya Rambu-Rambu Rusak Tertiup Badai

Nanjak terus... sampai puncak, ikuti jalur yang sudah ada, rambu-rambu juga ada, insyaallah tidak tersesat tapi capek aja !!

Sabana II
Pemandangan Di Sabana II, Bukit Teletubies


View Sumbing-Sindoro Dari Puncak

Rata-rata waktu tempuh antar pos sekitar 1 jam, tapi kalau pos 2 ke pos 3 gak sampai 1 jam, deket kok !!!

TIPS :
1. Bawa air cukup banyak jika nanjak siang hari yang panas, karena tidak ada sumber air di jalur resminya
2. Hati-hati jika musim badai dan angin kencang, apalagi pas di sabana, jangan dirikan tenda kalau sekiranya tendanya tidak anti badai.
3. Tempat luas tuk ngecamp bila tidak ada badai: sebelum pos 2, trus di pos 3 (batu tulis), di sabana I, Sabana 2, di puncak juga bisa.

Demikian catatan sederhana kami, moga bermanfaat

TAMBAHAN 
Untuk peta yang lebih jelas seperti gambar di bawah ini, file di dapat dari update status rekan yang ada di FB ( lupa sumbernya dari mana ), bagi siapa yang merasa membuat petanya harap di ijinkan kami posting di blog ini.

peta jalur pendakian merbabu selo
Merbabu Via Selo
2 Komentar untuk "Pendakian Merbabu Jalur Selo Jateng 12-13 Mei 2012"

Bismillah. Jazakallah khayr atas tulisannya. Insya Allah bisa jadi panduan ke merbabu.
Baarakallahu fiik

Back To Top