Blog Pendakian Gunung Dan Kajian Islam

Jalur Gunung Prahu Via Patak Banteng Dieng Jawa Tengah

Sekilas Tentang Gunung Prahu
Berikut informasi dari wikipedia tentang Gunung Prahu
Gunung Prahu adalah sebuah gunung yang terdapat di Dataran Tinggi Dieng tepat di perbatasan Kabupaten Kendal dengan Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Berada di koordinat 7° 11′ 13″ LS,  109° 55′ 22″ BT.
Gunung itu merupakan salah satu puncak di Dataran Tinggi Dieng selain Gunung Sipandu, Gunung Pangamun-amun, dan Gunung Juranggrawah ini memiliki ketinggian 2.565 meter di atas paras laut.


gunung prau
Gunung Prahu Dieng
Jalur Pendakian Gunung Prahu
Karena Gunung Prahu memanjang dan meliputi beberapa kabupaten, maka untuk sampai puncaknya memiliki beberapa jalur yang bisa ditempuh. Jalur Selatan dari kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara, seperti lewat Dieng dan Patak Banteng, relatif mudah dan cepat waktu tempuhnya, karena dataran tinggi dieng sudah tinggi sekitar 2000 mdpl (perkiraan saja karena belum pernah mengukur sendiri, he he...). Tantangan mendaki lewat dieng adalah tersesat di jalur bukit-bukit ladang kentang, tak jarang pendaki yang belum kenal medan akan kesulitan jika menemui percabangan  jalan yang biasa dipakai petani untuk ke ladang kentang mereka.

Jalur utara, seperti lewat Kabupaten Kendal, desa-desa atas yang di Kecamatan Sukorejo seperi Kenjuran, Genting Gunung, Balong yang biasa dipakai oleh pendaki untuk ke puncak Gunung Prahu. Karena saya pribadi belum pernah lewat jalur utara maka tidak bisa cerita banyak. Kisah dari teman-teman yang sudah pernah lewat jalur utara, rata-rata di tempuh dalam waktu 6 jam, mengingat jalur yang jarang dilalui pendaki dan hutan yang masih rapat, sebaiknya kalau lewat jalur utara minta didampingi teman-teman yang sudah pernah lewat jalur utara. Cari di google pun, informasi jalur pendakian Gunung Prahu sangat minim. Keinginan saya, coba lewat jalur utara kemudian ingin ku tulis di blog ini sehingga bisa bantu teman-teman yang membutuhkan informasi tentang jalur pendakian ke Gunung Prahu.

Jalur Pendakian Gunung Prahu Lewat Patak Banteng
Belum adanya kesempatan, waktu dan agenda yang pas untuk naik Gunung Prahu lewat jalur utara, tidak membuat aku bosan mendakinya lewat jalur selatan, lewat selatan relatif singkat waktunya tapi pemandangan puncak bisa dinikmati juga. Untuk treking keluarga, misalnya sama istri cocok lah. Saya pribadi pernah mendaki lewat dieng, di dieng tidak ada basecamp khusus adanya homestay, penginapan.
Sms dari Ayub (salah satu dedengkot santridanalam temanggung, he he..) mengajak mendaki lewat Patak Banteng, desa sebelum Dieng Plateu. Rencana ada koordinasi penghijauan Gunung Prahu yang pada saat musim kemarau kemarin kebakaran.
Rute untuk ke Patak Banteng, insyaallah mudah, rata-rata orang sudah tahu daerah Dieng. Dari Wonosobo Kota, ada angkot untuk ke Dieng, bilang ke kernet angkot turun di Desa Patak Banteng.
Di Patak Banteng sudah ada basecampnya, Bull Eggs Adv, yang berada di lingkungan gedung balai desa Patak Banteng. Bisa hubungi Mas Pii,  HP : 0852-2828-3428, HT : RX : 149.260, TX : 158.520, Duplex : +926. Enaknya kalau ada basecamp kan bisa nitip motor di sana, he he..
Seperti basecamp yang lainnya, tentu ada karcisnya juga. Kami mendaki tanggal 2 Desember 2012, tiket pendakian Rp.3000,-, untuk karcis parkir motor Rp.1000, untuk mobil Rp.2000,-

karcis pendakian gunung prahu, patak banteng dieng
Tiket Pendakian Dan Karcis Parkir

Untuk kantor desanya seperti gambar di bawah ini, cuma ambil fotonya malam hari, karena kita datang siang hari pas hujan, tidak sempat ambil fotonya. 
 
 
kantor desa patak banteng
Kantor Desa Patak Banteng

Sedikit Catatan Pendakian
Rute pendakiannya belum bisa kami berikan secara detail, karena kita baru pertama mendaki lewat jalur ini sehingga tidak hapal medannya secara detail pula.
  • Dari kantor desa ke seberang jalan ke arah utara, masuk ke pemukiman trus ke jalan menuju ladang kentang.
  • Ikuti jalan yang lumayan lebar, sampai di persimpangan jembatan, ambil arah ke kanan , jangan yang lurus dan menanjak.
  • Terus ikuti jalan lebar tersebut yang memutari ladang kentang, saat kita mendaki lihat tanda plang kecil yang menunjukkan jalur pendakian.

plang jalur pendakian, gunung prahu, patak banteng
Plang Jalur Pendakian Gunung Prahu Via Patak Banteng

  • Setelah beberapa lama, ambil ke kiri jalan setapak dan nanjak ke ladang kentang, kalau bingung tanya ke petani.

gunung prau
Setelah Belokan Ini Beberapa Meter Ambil Ke Kiri

  • Jalur ini lumayan nanjak, untuk petani kayaknya udah terbiasa, terlihat di sekitarnya pipa-pipa pengairan


gunung prau
Ladang Kentang Menuju Pos 1
  • Untuk estimasi waktu menuju Pos 2, kita juga kurang perhatikan, lebih asyik perhatikan pemandangan Gunung Sindoro, walaupun cuaca hujan dan berkabut, kita coba nikmati apa adanya, di segala cuaca, coba ambil view nya
View Sindoro Dari Kaki Gunung Prahu
View Sindoro Dari Kaki Gunung Prahu
  • Tidak beberapa lama, lumayan buat nafas terengah-engah, sampai di Pos 2. Sebuah plang sederhana di tempel di pohon.

pos 2, prahu patak banteng
Pos 2 Gunung Prahu Via Patak Banteng
  •  Selanjutnya lewati hutan pinus yang mulai berkurang jumlahnya.

sindoro
View Gunung Sindoro Dan Pohon Mati
  •  Trus jalan nanjak dengan pijakan akar-akar pohon pinus, sampai juga Pos 

pos gunung prau
Pos 3 Gunung Prahu Via Patak Banteng

hutan gunung prau
Trek Hutan Pinus Patak Banteng

  • Saat nanjak jangan lupa tengok ke bawah, tampak telaga warna dan telaga pengilon ( cermin ), karena cuaca kabut dan gerimis, kamera juga pas-pasan, jadi gambarnya seperti di bawah ini.
telaga warna
Telaga Warna Yang Hijau Dan Pengilon Yang Warna Coklat
  •  Kalau bunga-bunga kecil mulai tampak banyak, dan jalan mulai mendatar maka tidak lama lagi sampai di puncak.

bunga daisy
Bunga-Bunga Di Gunung Prahu

taman bunga gunung prahu
Taman Bunga Gunung Prahu
gunung prau batas kendal-wonosobo
Puncak G.Prahu Batas Kendal-Wonosobo

  •  Asyiknya kalau di puncak jalan-jalan susuri bukit berbunga, bisa menuju ke tower repeater, ikuti saja jalan setapak yang nampak jelas, bisa mengantarkan ke Puncak Teletubies

teletubies gunung prau
Puncak Teletubies Agak Beda Setelah Kebakaran Saat Kemarau

bukit,teletubies
  • Rencana kami cuma treking saja tidak ngecamp, karena sudah sore dan kalau mampir ke repeater nanti turunnya kemalaman, maka langsung turun lewat patak banteng juga. View senja yang menawan, terselimuti awan gelap.

senja ,gunung prau
Tampak Gunung Sikunir Dalam Senja
4 Komentar untuk "Jalur Gunung Prahu Via Patak Banteng Dieng Jawa Tengah"

Memang indah pemandangannya, apalagi kalau cuaca cerah dan pandai memotret bisa bawa oleh-oleh foto yang indah

Ass, mas mau tanya , kalo nanjak nya dari DIENG estimasi waktu sampai Puncak berapa jam ya mas? kalo di Dieng ada penitipan motor gak mas ??
kalau dibandingkan antara Patak Banteng dgn Dieng enakan nya lewat mana ya? dari segi jarak,pemandangan,trek,waktu tempuh,dll, hehe

makasih banyak ya mas, insya allah agustus mau ke prau

Wa'alaikum salam, maaf utk salam jangan di singkat krn itu adl doa.
Nanjak dr dieng sampai puncak menara kurang lebih 1,5 - 2 jam. Dulu saat saya naik lewat dieng th 2012 belum ada basecamp, utk sekarang kurang tahu.

Sebaiknya mendaki via patak banteng utk spot sunrise bagus, baru nanti turunnya via dieng. dari dieng nanti naik bus tuk basecamp patak banteng.

Back To Top