Blog Pendakian Gunung Dan Kajian Islam

Persiapan Pendakian Gunung Semeru

Libur Idul Fithri bagi kami adalah kesempatan untuk melakukan pendakian gunung di luar kota, karena adanya waktu yang lumayan panjang,setelah keseharian dari kami ada yang sibuk di pondok pesantren, ada yang bekerja juga.
Libur Idul Fithri 1434 H / 2013 M kami sepakati untuk mendaki Gunung Semeru di Lumajang Jawa Timur. Seperti biasa kita lakukan persiapan sebelum hari H. Seperti saat ke Rinjani kami naik motor, maka persiapan kesehatan motor,peta, bekal, uang lebih juga kita perhitungkan. 
Untuk persiapan pendakian Gunung Semeru, maka kita cari informasinya di google, bagaimana cara regristrasinya, peraturan terkait, bagaimana kondisi alamnya, keadaan jalannya dari Tumpang ke Ranupane. Pokoknya kita cari informasi sebanyak-banyaknya tentang Gunung Semeru, seperti akan menyusun skripsi aja ya, he he..

Persiapan Administrasi
Dengan modal tanya-tanya teman yg pernah ke Semeru baik tanya langsung atau tanya lewat komunikasi jejaring sosial fb, memang diperlukan pengurusan surat-surat untuk mendaki Semeru. Membuat surat keterangan sehat dari dokter bisa di puskesmas atau rumah sakit. Pengalaman menarik saat mengurus surat keterangan, karena dokternya tidak pernah buatkan surat keterangan sehat untuk mendaki gunung. Saya yang berbadan kurus seperti ini masih dipertanyakan, apa tidak terbang tertiup angin kalau di puncak gunung, he he..
Surat keterangan sehat sudah dapat, terus beli materai  6000 untuk buat surat pernyataan siap menanggung akibat kalau mendaki sampai puncak. Foto kopi KTP /Kartu Identitas lainnya.

Persiapan Mental
Benar-benar mental harus disiapkan, gambaran-gambaran kondisi semeru yang dingin,dan perjalanan yang jauh semuanya membuat mental bisa jatuh sebelum bertempur. Maka bulatkan tekad, jangan ragu setelah ditentukan hari keberangkatan, maka kalau ada penghalang tidak bisa ikut ke Semeru segera dikoordinasikan ke teman-teman yang lain. Gambaran kondisi jalan Tumpang-Ranupane yang belum juga tergambar di benak kami seperti apa kondisi jalannya, apakah motor-motor kami mampu sampai ranupane?
Sama juga rencana lintasi lautan pasir Gunung Bromo, apakah motor-motor kami bisa melintasinya? Belum adanya gambaran yang pas tentang ini semua, kadang buat dalam hati terus bertanya, mampukah ? bisakah ?

Persiapan Informasi Rute Pendakian
Dengan modal search di google kita bisa kumpulkan informasi tentang pendakian ke Semeru. Cari rute pendakian, kenali nama-nama tempat dan pos di sepanjang jalur pendakian Semeru dan informasi-informasi lainnya dengan harapan kita bisa mendaki gunung dengan aman dan nyaman. Bagi yang punya GPS  pakailah peta dari navigasi.net, di peta tersebut sudah ada waypoint dan jalur pendakian Semeru, mantab, yang penting sedia baterai cadangan yang banyak.

DOWNLOAD TRACKLOG SEMERU ( FILE GPX )
DOWNLOAD PETA NAVNET 
DOWNLOAD GARMIN BASECAMP 

Persiapan Udara Dingin
Untuk persiapan mengatasi udara dingin, pakailah jaket yang safety, yang waterproof, dan packing tidak gede dan tidak ribet. Saya memakai jaket power extrem produksi cozmeed, selain hangat lengkap dengan celananya juga waterproof, packing juga tidak segede packing jaket bulu angsa.

power extrem,santri dan alam,semeru
Power Extrem Di Puncak Semeru

Persiapan Logistik
Persiapan Logistik, sebaiknya memang bawa logistik yang lebih dari cukup, untuk logistik penunjang bawalah yang bervariasi, jangan bawa logistik yang sama dengan logistik temannya, kalau sama maka tidak akan habis termakan semua.
0 Komentar untuk "Persiapan Pendakian Gunung Semeru "

Back To Top