Santri Dan Alam

Blog Pendakian Gunung Dan Kajian Islam

Tumbuhkah Bibit Ukhuwah ( KOPDAR SANDAL 2 )

Saat hari libur kami sering kumpul dengan santri muntilan sini, sambil makan bareng terlintas keinginan untuk berkunjung ke pondok temanggung. Tidak harus mendaki gunung untuk berkumpul dengan teman-teman, karena belum ada kesempatan liburan yang panjang untuk mendaki gunung bersama selain libur lebaran. Untuk mengobati rasa ingin bertemu dengan teman-teman di Pondok Temanggung salah satu caranya dengan berkunjung ke sana. Mengunjungi teman lama, ketemu dengan teman baru yang belum pernah bertatap muka dengan harapan lebih akrab dan menjalin ukhuwah dengan saudara kita.

ma'had darul atsar temanggung
Ma'had Darul Atsar Temanggung
Ketinggian sekitar 631 mdpl
Hadiah Yang Bisa Tumbuh
Berkunjung ke tempat teman asyiknya bawa hadiah, awalnya memang tidak ada rencana bawa hadiah, hanya saja kami pribadi punya niat membawa bibit pohon untuk di tanam di pondok temanggung, sebuah kegiatan yang baik menanam bibit tanaman di lahan yang kritis semisal di gunung namun hal tersebut belum terlaksana, untuk pembelajaran maka kami coba bawa bibit buah kersen / talok untuk di tanam di temanggung. Menanam pohon memang membutuhkan pengetahuan dan pembelajaran, memilih jenis pohon, mempelajari keadaan dan kondisi tempat yang akan dijadikan sasaran penanaman, dan mengetahui tingkat sulit atau mudahnya perawatan pohon tersebut. Semoga saja hadiah dari kami untuk teman-teman di pondok temanggung menjadi hadiah yang senantiasa tumbuh seiring tumbuhnya ukhuwah di antara kami semua.

Rute Ke Ma'had Darul Atsar Kedu Temanggung

Kalau ada keinginan insyallah ada jalan, demikian juga keinginan kami untuk berkunjung ke Ma'had Darul Atsar Temanggung, walaupun ada beberapa kendala seperti hujan dan lain sebagainya, setelah sholat asar kami langsung persiapan, bawa bibit, terus beli mantel plastik dan menunggu bus Jogja-Semarang untuk ke terminal Magelang dulu. Sampai terminal Magelang sudah mulai sore sekitar jam 16.30, alhamdulillah masih ada bus Magelang-Wonosobo, karena sudah sore sekali maka bus penuh dengan penumpang dan tidak ada tempat duduk yang kosong, siap-siap berdiri lagi. Kalau berdiri bagi kami pribadi sudah lumayan terbiasa, tetapi beberapa teman agak kecapekan dan pusing kalau naik bus apalagi desak-desakan, kesulitan juga menaruh bibit yang kami bawa, akhirnya ada sebagian batang bibit yang patah karena desak-desakan dengan penumpang yang lain.
Untuk ke Ma'had Darul Atsar, maka kami turun di Pasar Kedu Temanggung, sampai di Pasar Kedu sudah jam 17.30, hujan gerimis masih mengguyur dan banyak ojek motor yang menawarkan jasanya, tapi kami berniat jalan kaki saja untuk sampai ke ma'had. Lumayan jauh katanya, tapi tidak mengapa sekalian latihan jalan jauh bagi yang belum pernah naik gunung. Jalannya juga tidak terjal, kadang turunan dan datar, lewati persawahan dan udara sore itu terasa segar. Tidak lama sekitar 30-45 menit sudah sampai Ma'had Darul Atsar, langsung kami bergegas ke arah ruang tamu, meletakkan tas dan bawaan kami dan segera mengambil air wudhu karena sholat maghrib sudah di mulai.

peta darul atsar
Peta Ke Ma'had Darul Atsar

ma'had darul atsar
Jl Kemiri Salam Sari Kedu, Temanggung, Jawa Tengah

darul atsar temanggung
Masjid Abu Bakar Ash Shiddiq Ma'had Darul Atsar Temanggung

Temu Kangen Dalam KOPDAR SANDAL 2
Setelah sholat maghrib selesai baru kami di sambut, berjabat tangan dengan teman-teman SANDAL Temanggung, di persilahkan masuk ke ruang tamu, lumayan banyak teman-teman SANDAL Temanggung yang ikut merapat di ruang tamu. Saling melepas kangen, jabat tangan erat, bertemu dengan teman lama dan teman baru, dan tentu saja sambil makan biskuit dan minum teh hangat. Suara adzan isya' terdengar saatnya sholat isya' dulu, dan setelah isya' nanti para santri kumpul dulu untuk latihan khutbah jum'at dan pembagian tugas kerja bakti jum'at pagi. Setelah acara selesai semua maka baru acara temu kangen, kopdar bareng di mulai. Di keluarkan berbagai macam makanan dan snack, minumannya tidak lupa juga, wahh..kami pribadi tidak menyangka akan seramai dan semeriah ini, kami biasanya sederhana saja, kalau ketemuan biasanya cuma makan bubur saja, tapi sekali-kali agak meriah tidak mengapa insya allah.

Mulailah dengan acara perkenalan, karena beberapa teman-teman santri Muntilan belum begitu kenal dengan santri Temanggung, maka kami usul untuk saling memperkenalkan diri sekaligus belajar berbicara di hadapan umum. Namun, tetap saja kami pribadi selaku tim sibuk SANDAL yang harus memperkenalkan teman-teman Muntilan kepada teman-teman Temanggung , dan sebaliknya nanti ada perwakilan dari santri Temanggung yang memperkenalkan teman-temannya kepada santri Muntilan.

Hasil KOPDAR
  1. Menampung usulan-usulan dari teman-teman SANDAL Temanggung
  2. Temu kangen dan menjadi moment membahagiakan bagi kami semua
  3. Kami dari Muntilan menitipkan bibit pohon talok /kersen kepada teman-teman SANDAL Temanggung, semoga bisa tumbuh dengan baik
  4. Kapan-kapan akan diadakan KOPDAR 3 yang lebih baik dan terencana agendanya

darul atsar, gunung sumbing
Pemandangan Sekitar Ma'had Darul Atsar
Share this article :
+
2 Komentar untuk "Tumbuhkah Bibit Ukhuwah ( KOPDAR SANDAL 2 )"

bismillah ada yang tahu no telp pondok pesantren Temanggung

Coba hubungi admin radio tashfiyah di : 0856 4081 3834, tanyakan nomor mudir pondok pesantren temanggung

 
Template By Kunci Dunia