Blog Pendakian Gunung Dan Kajian Islam

Adakah Doa Awal Tahun Baru Hijriyyah

Kecanggihan teknologi menyebabkan berbagai media berkembang dengan pesat, sarana untuk mendapatkan informasi dan ilmu agama juga semakin mudah. Kalau punya akun sosial media maka tak jarang kita dapati beberapa orang membagikan atau mensharing doa awal tahun hijriyyah. Dalam hati langsung terasa deg..! selama ini kok saya belum tahu tentang doa ini ya? Karena rasa ingin tahu cara paling mudah dan cepat bagi kami adalah mencari jawabannya di google. Bukannya tidak mau tanya langsung ke ustadz atau tidak mau ngaji, tapi mengetahui lebih dahulu suatu permasalahan akan menambah wawasan tentang masalah tersebut, sehingga ketika kita tanya ke ustadz kita sudah punya bekal apa dan bagaimana masalah yang akan kita tanyakan.


Sesuatu yang belum kita ketahui dan jarang kita temui di masyarakat akan menjadi asing dan aneh, terasa secara fitrah akan muncul janggal dalam hati, bahasa jawanya "mak deg.!" Tapi jangan terus berhenti tanpa mencari kejelasan masalah tersebut. Kita semua sudah tahu kaidah dalam fiqih bahwa hukum asal ibadah adalah haram dikerjakan kecuali ada dalil yang memerintahkannya dan sebaliknya kalau perkara mu'amalah hukum asalnya halal kecuali ada dalil yang mengharamkannya. Jadi perkara ibadah harus ada dalil atau dasar perintahnya.

Terus apa dasar perintah dari doa awal hijriyyah ? apakah perintah umum berdoa yang dijadikan dasarnya? Terus kenapa doa itu di khususkan di awal tahun baru hijriyyah ? seharusnya butuh dalil atau dasar pengkhususan doa tersebut.

Penasaran dengan dalil doa awal tahun baru hijriyyah, maka terus kami cari di google. Ketemu beberapa website yang menulis tentang doa awal tahun baru hijriyyah, beberapa fadhilah mereka sebutkan di artikel mereka namun sayangnya tidak ada kejelasan dasar tersebut, bagaimana kondisi haditsnya, shahih, dhoif ataukah palsu. Maka tidak bisa kami teruskan pencarian tersebut, sebatas ilmu yang ada pada kami maka kami berhenti pada ilmu yang kami ketahui, sehingga kami tidak mengamalkan suatu ibadah yang tidak ada dasarnya atau secara mudahnya kami berusaha beribadah sesuai yang Rosul contohkan. Kalau Rosul dan sahabatnya mengamalkan doa awal tahun hijriyyah tersebut maka akan ada hadist yang meriwayatkan hal tersebut. Wa Allahu a'lam
0 Komentar untuk "Adakah Doa Awal Tahun Baru Hijriyyah"

Back To Top