Santri Dan Alam

Blog Pendakian Gunung Dan Kajian Islam

Cara Memasak Nasi Dengan Nasting

Memasak nasi adalah aktivitas yang sering kita temui tatkala melakukan pendakian gunung, camping dan aktivitas outdoor lainnya. Tidak semua orang bisa memasak nasi dengan hasil yang memuaskan, jika anda kesulitan memasak nasi saat naik gunung. Berikut kami tulis salah satu teknik memasak nasi dengan hasil yang memuaskan.

Siapkan Alat dan Bahan
Karena akan memasak nasi maka tentu saja siapkan beras sesuai kebutuhan, terus kompor dan gasnya, serta nasting khas tentara. Air juga jangan lupa he he..pokoknya sudah pahamlah soal masak nasi apa saja yang harus di siapkan.


memasak nasi di gunung
Alat Dan Bahan
Menyalakan Kompor
Tentunya kalau sudah siap semua, beras sudah di cuci baru dinyalakan kompornya. Untuk banyaknya air dikira-kira saja, biasanya pakai teknik celupkan jari telunjuk, paling tidak ketinggian air dari berasnya satu ruas jari. Untuk nyala kompor coba saja dibesarkan agar cepat matangnya.


Semua Sudah Siap
Letakkan Nasting Dan Ditutup
Setelah siap semua, letakkan nasting di atas kompor dan tutuplah dengan nasting lainnya agar beras cepat matang.

Jam 07.05 Kami Mulai Masak Nasinya
Awal masak jam menunjukkan pukul 07.05, hanya sekedar ingin tahu berapa lama masaknya, dengan takaran beras 1 gelas kecil dan suhu udara sekitar 22 derajad celcius.

Menggeser Nasting Penutup
Tunggulah beberapa saat, besarkan saja nyala api kompornya, maka akan bunyi air mendidih dan naik keatas berusaha keluar lewat sela-sela tutup. Untuk menghindari air tumpah-tumpah maka geserlah tutup sehingga terbuka dan air yang sudah bercampur beras tidak tumpah-tumpah ke mana-mana.

Air Mulai Mendidih
Sekitar 2-3 menit air mulai mendidih dan meluap-luap dan keluar buih, tanpa proses pemanasan beras dimulai. Atur buka dan tutup nastingnya kalau sudah tidak ada tanda meluap-luap tutup kembali nasting dan buka sedikit demi sedikit kalau akan meluap.

Turunkan Nasting
Setelah terlihat air mulai habis dan beras mulai bersuara karena panas maka turunkan nasting jaga jangan sampai gosong dengan cara mengecilkan api.

Nasting Sudah Di Turunkan

Membalik Nasting
Nasting yang semula di bagian bawah di balik menjadi bagian atas sehingga beras bagian atas menjadi bagian bawah dengan ini pemanasan akan menjadi rata tanpa harus mengaduk beras.


Memegang Nasting Panas Dengan Kaos Tangan

Memegang Nasting Panas Dengan Bungkus Nasting

Berhati-hati saat membalik nasting karena masih panas, pakailah koas tangan tebal atau tempat nasting untuk memegang nasting.

Masak Kembali     
Setelah dibalik maka dengan memakai pengangkat nasting letakkan kembali nasting di atas kompor dan beri air sedikit demi sedikit di sela-sela pertemuan nasting dengan tutupnya.


Memberi Air Di Sela-Sela Nasting Dengan Tutupnya
Sedikit demi sedikit tuangkan air secukupnya di setiap sisi dari nasting, terus biarkan sampai airnya habis dan kalau sudah ada tanda-tanda matang segera kecilkan api dan angkat nastingnya.


Ternyata Lama Juga Sampai Jam 07.30



Share this article :
+
7 Komentar untuk "Cara Memasak Nasi Dengan Nasting"

siippp... Sangat bermanfaat, tapi belum smpat nyoba. makasih bang.

kalau ada kesempatan bisa di coba

Mau naik gunung tapi gak ada yang ngerti cara masak nasi pake nasting, mau nyoba deh, thx gan ilmu nya

Ya itu dengan nasting kotak ( tentara) , kalau dengan nasting biasa yang tidak bisa di bolak-balik, masaknya harus sabar. Masukkan beras dan air di nasting, kemudian tutup dan jaga jangan sampai meluap saat mulai matang.

Kalau air habis tapi beras belum matang, maka tambah air panas/ hangat dan masak sampai benar-benar matang.

jazakallohu khoiron atas infonya

wa antum jazakumullahu khoiron

 
Template By Kunci Dunia