Santri Dan Alam

Blog Pendakian Gunung Dan Kajian Islam

Simpan Tracklog GPS dengan Software Seadanya

Hasil track tadi pagi ( 14 Desember 2014 ) , dari Robyong (Wadasmalang)  ‪Patean sampai Tlangu Sukorejo Kendal jalan kaki melintasi beberapa medan yang sudah lama sejak SD belum pernah lewat lagi. Setelah melewati lapangan Kalipuru ketemu Mas Ojeg yang menyapa kalau dulu dia pernah antarkan saya ke Desa Kenjuran untuk naik Gunung ‪Prau , dikira saya akan  ke Gunung Prau lagi. 
Ya udah bonceng saja sampai rumah di tlangu sambil ngobrol dengan Mas Purnomo (ojeg yg mangkal di depan bangunan baru), kata dia ada yang ke Kenjuran dari SMA PGRI, tapi saya cuma jalan kaki lintas desa saja sudah senang.

Cerita di atas berlanjut dengan keinginan saya untuk simpan hasil track GPSnya, kebetulan yang saya punya GPS Garmin Colorado 300. Di rumah ada komputer kakak saya tapi tidak ada software basecamp Garmin yang sering saya pakai untuk transfer data tracklog. Berbekal model gsm saya browsing layanan penyimpan track online ketemu openstreetmap dan google map. Saya pilih google map yang semua orang sudah kenal dengan map nya google ini. Untuk menyimpan di google map di butuhkan file kml padahal format dari gps adalah gpx. Untuk mengubah format mudah cari saja layanan di gpx2kml dot com. Cuma masalahnya bagaimana kita bisa mengambil data gpx dari GPS kita. Untuk download software basecamp garmin terlalu berat bagi modem dengan kuota habis tinggal sisa gratisan saja. Maka cari-cari ketemu dengan software easygps, kecil dan ringan di download. 


robyong, patean, sukorejo, tlangu, kendal, kalipuru, gedong
Di google map kita bisa buat peta track kita, caranya bisa di browsing di google juga

Share this article :
+
0 Komentar untuk "Simpan Tracklog GPS dengan Software Seadanya"

 
Template By Kunci Dunia