Blog Pendakian Gunung Dan Kajian Islam

Bergembira Di Hari Raya

bergembira di hari raya

Bergembira dengan keutamaan Allah pada hari raya Idul Fithri serta bersyukur kepadaNya atas sempurnanya puasa dan adanya shalat lail di dalam bulan Ramadhan. Demikian halnya bergembira dengan sempurnanya semua manasik haji pada Idul Adha. Allah Ta’ala berfirman:

قُلْ بِفَضْلِ اللَّهِ وَبِرَحْمَتِهِ فَبِذَلِكَ فَلْيَفْرَحُوا هُوَ خَيْرٌ مِمَّا يَجْمَعُونَ

“Sampaikanlah (wahai Nabi Muhammad), dengan karunia Allah dan rahmat-Nya, hendaknya dengan itu mereka bergembira. Karunia Allah dan rahmat-Nya itu adalah lebih baik dari apa mereka yang kumpulkan (dari harta benda). (Yunus: 58)

Berkata asy-Syaikh Ibnu Utsaimin Rahimahullah ketika ditanya tentang hukum menampakkan kegembiraan dan kebahagiaan pada hari ‘Idul Fitri dan ‘Idul Adha. Beliau berkata : 
Menampakkan kegembiraan dan kebahagiaan pada hari-hari ‘Ied seperti ‘Idul Fitri atau ‘Idul Adha tidak mengapa selama dalam batas-batas syar’i. Di antaranya seseorang makan dan minum atau yang semisalnya. Telah tsabit (tetap) dari Nabi Shallallahu ‘alahi wa Sallam bahwa beliau bersabda dalam salah satu hadits beliau bersabda,

أَيَّامُ التَّشْرِيقِ أَيَّامُ أَكْلٍ وَشُرْبٍ وَذِكْرِ اللهِ عَزَّ وَجَلَّ

“Hari-hari tasyriq adalah hari-hari makan dan minum, dan berzikir kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala,” (HR. Muslim no. 1141)

BERGEMBIRA DENGAN MENGADAKAN PERMAINAN YANG MUBAH
Adapun yang berkaitan dengan permainan atau perlombaan, maka dalam hadits Aisyah Radhiyallahu ‘Anha, beliau berkata:

وَكَانَ يَوْمَ عِيدٍ، يَلْعَبُ السُّودَانُ بِالدَّرَقِ وَالحِرَابِ، فَإِمَّا سَأَلْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَإِمَّا قَالَ: تَشْتَهِينَ تَنْظُرِينَ؟ فَقُلْتُ: نَعَمْ، فَأَقَامَنِي وَرَاءَهُ، خَدِّي عَلَى خَدِّهِ، وَهُوَ يَقُولُ: دُونَكُمْ يَا بَنِي أَرْفِدَةَ حَتَّى إِذَا مَلِلْتُ، قَالَ: حَسْبُكِ؟ قُلْتُ: نَعَمْ، قَالَ: فَاذْهَبِي

“Ketika hari raya, dua orang Sudan bermain dengan tombak kecil dan tameng. Maka Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menanyaiku atau berkata kepadaku: “Kamu ingin melihatnya?” Kujawab: “Ya.” Maka beliau meletakkanku di belakangnya sambil berkata: “Bermainlah, wahai Bani Arfadah.” Ketika aku sudah merasa bosan, maka beliau berkata: “Sudah cukup?” Kujawab: “Ya.” Beliau berkata: “Pergilah.”
(Hadits riwayat Imam al-Bukhari di dalam Shahih al-Bukhari, Kitab al-`Iedaini, hadis no: 950)

Al-Hafidz Ibnu Hajar al-Asqalani rahimahullah telah berkata:

  • Pada Hari Raya dibolehkan mengadakan kegiatan yang dapat menghibur keluarga untuk melepas kelelahan setelah melakukan ibadah. 
  • Menampakkan kegembiraan pada Hari Raya merupakan sebagian dari syi'ar Islam. 
(Al-Hafidz Ibnu Hajar al-Asqalani, Fathul Baari, jilid 5)

*********

DOKUMENTASI KEGIATAN BERGEMBIRA DI HARI RAYA
Alhamdulillah beberapa event kegiatan bisa kami dokumentasikan, untuk tahun-tahun sebelumnya memang tidak ada kepanitiaan khusus. Berikut dokumentasi kegiatan setelah ada kepanitiaan :

BERGEMBIRA DI HARI RAYA 1436 H


Foto Dokumentasi
sepak bola anak





Rekaman Lomba Sepak Bola 


Download Final 
Download Penentuan Juara 3 dan 4


BERGEMBIRA DI HARI RAYA 1437 H

Jadwal Lomba " Bergembira Di Hari Raya " 1437 H


Untuk info yang lain bisa di lihat di channel telegram : https://tlgrm.me/bergembiradihariraya

0 Komentar untuk "Bergembira Di Hari Raya"

Back To Top