Hariang Beruem


Bentuk Daun Dan Batang Hariang Beruem

Salah satu tumbuhan yang hidup di gunung dan bisa dijadikan sebagai tanaman survival untuk bertahan hidup yaitu Hariang Beureum (Begonia Isoptera Dryand. In. Sm. Ic). Tumbuhan ini banyak ditemukan di gunung-
gunung pulau Jawa. Tumbuh di ketinggian 1.200 mdpl. Ciri khas tumbuhan ini adalah batangnya yang berbuku-buku serta ditumbuhi bulu-bulu. Daunnya yang berbentuk bulat lonjong dan sedikit membundar ke pangkal ditumbuhi oleh bulu-bulu juga. Batangnya terkadang berwarna merah ke pangkal, kadang juga berwarna hijau. Dalam satu rumpun terkadang batangnya terdapat lebih dan tiga hingga lima batang. Tumbuhan ini bisa tumbuh hingga satu meter tingginya, juga terkadang memiliki bunga berbentuk bunga bertandan dengan dua tandan bunga untuk setiap bunganya. Berwarna putih dan terkadang kemerahan. Tumbuh di hutan yang rindang dan lembab.

Tumbuhan ini bisa dimanfaatkan untuk survival. Batangnya mengandung air dengan rasa asam mirip dengan rasa belimbing sayur. Patahkan batangnya lalu kupas kulitnya yang rnengandung bulu dan bisa dimakan mentah. Umbi dan daunnya juga dapat dimakan. Tanaman ini juga bisa dijadikan sebagai obat yaitu untuk pengobatan demam. Rebuslah umbi hingga batang dan daunnya lalu saring airnya dan minumkan ke penderita.
Perlu diingat dalam situasi survival, usahakan untuk tidak memakan satu jenis tumbuhan saja akan tetapi campur dengan yang lain.

Dikutip apa adanya dari majalah MountMag No.4/2011 hal.34

Posting Komentar untuk "Hariang Beruem"