Blog Pendakian Gunung Dan Kajian Islam

Kondangan Santri Dan Alam ( Kondangan Sandal 1 )

Saling mengenal biasanya akan berlanjut dengan upaya untuk menjalin kedekatan dan keakraban. Kawan yang telah lama tidak bertemupun seyogyanya tetap menjalin komunikasi, apalagi dulu pernah sama-sama berjalan menempuh tanjakan, bersama-sama dalam dingin dan kencangnya angin gunung. Semua akan menoreh kenangan tersendiri.

Waktu berlalu mungkin dari kita ada yang sudah vakum dalam berpetualang, dari kita ada yang sudah harus mengerjakan kewajiban lainnya, namun bukan berarti semua hilang, masih ingat antara kita itu  sudah lebih dari cukup.

Dari kita ada yang belum menikah saat berpetualang bersama santri dan alam, dan saat akan menikah terpisah jarak dan waktu. Tapi masyaallah kalau masih ingat kita semua dan mengundang dalam acara walimatul ursy. Insya Allah kami yang diundangpun akan berusaha untuk memenuhi undangan tersebut, karena menghadiri undangan wajib jika tidak ada halangan syar'i, berdasarkan hadist :

إِذَا دُعِيَ أَحَدُكُمْ إِلَى الْوَلِيْمَةِ فَلْيَأْتِهَا
“Apabila salah seorang dari kalian diundang acara walimah, hendaknya dia menghadirinya.” (HR . al-Bukhari no. 5173 dan Muslim no. 3495, dari Abdullah bin Umar  ( sumber )


walimatul ursy santri dan alam


Sebelumnya maaf kalau tulisan ini hanyalah unek-unek admin semata, maaf juga kalau ada undangan-undangan sebelumnya yang belum bisa admin hadiri.

Langsung kita lanjutkan, judulnya " Kondangan Santri Dan Alam (Kondangan Sandal 1 ), kami pakai bahasa Kondangan karena mirip-mirip dengan kata Kopdar, dimana saat yang tepat untuk bertemu ( kopdar) mungkin saat kondangan (walimatul ursy). Adapun Kondangan Sandal 1 karena baru pertama ini admin mengkoordinir sebuah walimatul ursy atas nama sandal. Bisa jadi salah satu kegiatan sandal yaitu menghadiri walimatul ursy bersama. 

Sekarang masuk ke bagian "catatan Kondangan Sandal 1" yang menikah rekan kami Arsyad yang tinggal di Kepakisan, Dieng Kulon, Banjarnegara, Jawa Tengah. Memang tidak semua anggota sandal diundang, yang pernah mendaki bareng dengan Arsyad ke Semeru yang diundang, katanya kenangan saat masa muda arsyad , he he... Kami selaku admin sandal langsung buat grup di WA  ( Kondangan Sandal ) untuk koordinasinya. Teman-teman yang insya Allah bisa hadir : Ibnu Umar, Ami Zain, Afif, Admin ( om yoiyok), Jihad, Ihsan, Gunawan, Rijal. Proses musyawarah menghadiri walimahan ini panjang untuk diceritakan, tapi kami coba ringkas dalam beberapa point: 

  1. Menyambut dan menemani tamu jauh kita dari balikpapan, yaitu Jihad
  2. Transportasi dari Muntilan ke Kepakisan 
  3. Apa kado kelompok yang akan diberikan untuk Arsyad
Kedatangan Jihad Ke Jawa
Mendadak memang Jihad datang ke Jawa, dan sengaja untuk merahasiakan, mungkin agar jadi kejutan untuk Arsyad. Dengan datangnya Jihad yang semula diputuskan akan naik motor ke Dieng, akhirnya jadi carter mobil dan sopirnya Jihad. Alhamdulillah terbantu kami semua oleh kehadiran Jihad ini, kita juga bisa menjemput Fajar posisi di Parakan Temanggung.

Memantau Kedatangan Tamu Dari Balikpapan ( sumber )

Transportasi Ke Kepakisan Dieng
Kita carter mobil APV milik Ibu Karyani, biaya sewa 150 ribu sehari, untuk bensin 150 ribu, untuk sopir gratis he he.. Pokoknya jazakumullahu khairan katsira atas semua partisipasi rekan semua.

carter mobil mbak karyani rejeki keprekan mungkid magelang, mbak karyani
Mobil "Rejeki" Siap Berangkat

Kado Untuk Pengantin
Langsung berkreasi untuk membuat kado, mungkin harganya tidak seberapa, namun harapannya bisa menjadi kenangan. Soal kreasi hadiah pernikahan, ami zein yang mulai mengerjakannya. Jam dinding dengan gambar ekspedisi ke Semeru, dan poster ankstren Darul Atsar Temanggung.


kado santri dan alam
Hadiah Untuk Kenangan

leatherman wave pernikahan
Si Wave Membantu Bungkusin Kado

Supaya lebih ringkas dan tidak menjadikan tulisan seperti curhat yang membosankan, langsung saja kita lanjutkan dengan galeri foto selama acara walimatul ursy di Dieng :


dieng santri dan alam
Selamat Datang Di Dieng

kepakisan dieng
Bukit Di Sekitar Kepakisan ( sumber )

snack hidangan pernikahan dieng
Hidangannya 

dekorasi pernikahan dieng
Dekorasinya

Selain ke dieng kita juga singgah di Pondok Pesantren Darul Atsar Temanggung


ponpes darul atsar temanggung
Masjid Ponpes Darul Atsar Temanggung

darul atsar temanggung
Pemandangan Sekitar Darul Atsar Temanggung

Demikian beberapa paragraf, beberapa kalimat yang bisa kami tulis, masih jauh dari kriteria tulisan yang bagus. Kepada segenap rekan yang sudah berpartisipasi kami ucapkan jazaakumullahu khairan. maaf penulis pribadi tidak bisa menjadi tuan rumah yang baik. Semoga berjumpa kembali di acara dan kegiatan yang lebih baik lagi.
2 Komentar untuk "Kondangan Santri Dan Alam ( Kondangan Sandal 1 )"

Assalaamu'alaikum warrahmatullahi wabarakaatuh yaa Aba Yahya,,kaifa haluk ?

Afwan mo tanya, Jihad mondok apa jadi mudarris di Balikpapan nya ?

Abu Abdillah Batam

Wa 'alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh.Alhamdulillah bikhoir. Jihad aslinya balikpapan, cm terakhir bekerja di samarinda. Tdk mondok dan tdk mengajar jg.

Back To Top