Error Mount Device - Unable to Mount

Pesan " Unable to mount bla..bla.bla.." sering saya dapati saat akan buka hardisk yang terinstal padanya windows dan file-file lain di sistem operasi linux. Kebetulan komputer ada dua hardisk, satu saya instal windows dan satunya lagi saya instal linux mint. Gantian saya memakainya sesuai kebutuhan, saat windows mulai lemot, pindah saja booting ke linux. Tapi saat akan akses file-file di hardisk satunya munculah pesan error tersebut.

Unable to Mounting Device-linux mint-windows 8
Unable to Mounting Device

Biasanya karena saya tergesa-gesa mematikan komputer windows dengan menekan key " Power" di keyboard, atau mungkin ada penyebab lain sehingga muncul error tersebut, maka perlu perintah untuk mengatasi hal ini. Mudah dan singkat perintahnya, tapi kadang lupa,muncul inisiatif saya tulis kembali di postingan blog campur-campur ini he he.. (karena judul blognya pendakian gunung dan kajian islam tapi kecampur dengan catatan aktifitas admin sendiri )

Buka terminal di linux anda , bisa cari ikon terminal atau pakai shortcut : ctrl+alt+t 
kemudian ketik : sudo ntfsfix /dev/sdb4 ( lihat device nya namanya apa , misalnya sdb4 seperti yang di tempat saya ini )

sudo ntfsfix
Lihat Device Yang Akan Kita Fix kan

Kalau sudah muncul pesan : NTFS partition /dev/sdb4 was processed successfully , maka sudah bisa di buka hardisk tersebut, lakukan juga untuk device yang lain yang akan di buka.

Demikian sekedar catatan pribadi admin saat memakai linux, semoga bermanfaat bagi pembaca semuanya.

2 komentar untuk "Error Mount Device - Unable to Mount"

Comment Author Avatar
Wah Ane juga pernah ngalami waktu belajar pakai Kali Linux 2016, Tapi sekarang jarang pakai linux, pusiiiiing :D
Comment Author Avatar
pusing atau tidak pusing tergantung pemakaian, kalau kali linux jelas untuk pentest ya lumayan pusiiiing